Monday, May 10, 2010

Sunday cooking : ikan bakar


Selesai dengan urusan donat sekitar jam setengah 11 siang. Hmm.. sklian aja deh bikin ikan bakarnya.


Mulai deh, guramenya dikeluarin dari freezer dan dibersihkan sisik2nya.. terus, ikan dibelah deh...maksudnya, supaya bisa kering dan mateng luar dalem.


Terus, siap2in deh bumbunya :
Ini bahan ikan bakar untuk 1kg ikan :
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ons gula merah
1 sendok makan asam diencerkan dengan setengah gelas air
3 sendok makan minyak goreng
Garam secukupnya


Jadi saya mulai mencari yang dibutuhkan, bawang merah (check), bawang putih (check), asem (check) eh tidaaak... ternyata sem yang kemaren malam saya beli itu ternyata benar2 manisan. Halaahhh saya tertipu bentuk asem, tapi ada gula2 nya.
Jadilah saya keluar... huhuu... kalau warung sayurnya ada dideket rumah aja gpp. Lah ini..??? jauuuh... betapa betapa betenya saya.... :p
Naik mobil...lihat kanan kiri...mana warung yaaa....?? nah akhirny saya ketemu warung, dapet asem jawa + beli jeruk sambel. Pulang kerumah
Lanjutkan siap2kan bahan,
Asem (check), gula jawa (check), kemiri ? (tidaaaaaak *lagi* kok kemirinya berjamurrrr??!! Mbaknya yang dirumah langsung mendekat ke dapur. Dan nunjukkin tempat bumbu yang lain sambil bilang, "ooh, kemirinya lupa saya buang, ini mbak, yang gag berjamur, saya taruh disini". Hduuw, hampir aja mesti kluar jauh *lagi* buat beli kemiri.


Jadi, bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam di ulek jadi satu, setelah itu tambah gula jawa, asem dna minyak goreng-nya. Terus, dilumuri ke ikan. Biarkan hingga setengah jam supaya bumbu meresap.


Siapkan bakaran... saya gag pake bakaran sate, karena saya gag bisa bikin api dari arang..hahaa... saya pakai maxim grill jadi tinggal taruh aja diatas kompor. Setelah setengah jam, ikan bisa dibakar. Sambil dioles2 sisa bumbu yang tadi dipakai. Bisa juga ditambah dengan margarin dan kecap manis. Saya suka kecap manis.. amat sangat. Jadi saya pakai banyak kecap. Selain warnanya lebih menarik, rasa manisnya lebih meresap ke ikan, jadi bisa diisep2 deh.. hahaha


Selama nunggu ikannya mateng, saya bikin sambel terasi
Saya Cuma pakai
1 siung bawang merah
8 cabe rawit
1 tomat yang kecil, kalau besar, ya cukup setengahnya aja
Gula jawa
Garam


Saya bikin sambel terasi ini sampai perlu bbm hubby, soalnya dy yang suka nyambel dirumah. Abis, enak sih ulekannya... hehhe


Setelah ikan dirasa kering dan mateng dalemnya... diangkat, tuz siap disantap deh... siang itu, dilengkapi dengan tumis kangkung.... hmmm yummy...

No comments:

Post a Comment

thanks for all ur comment