Wednesday, May 19, 2010

COOKING TIME : UDANG SAMBEL PETE

setelah janji-janji mulu.... dan sudah ditagih berulang kali..... akhirnya kemarin sore saya masak juga....

Hahaha...sebenernya sih ni saya yang janjiin waktu dua minggu lalu dia mau balik dari lokasi,
"mau dimasakin apa nih unc?" saya nawarin lagaknya kaya hobi masak banget...
"mmm, yang ada pete-nya deh..."
"beuuhhh... iya deh...tar ya aq cari-cari resep dulu..." dan setelah googling sebentar, "ada nih..mau udang sambel pete?"
"mau-mau" nadanya excited sekaliiiii
"sip..tar datang aq masakin yah"

ini dia bahan2nya
1/2 kg udang ukuran sedang, buang kepala dan belah punggungnya
1 tangkai petai belah dua, (kalau saya beli pete disupermarket, kebetulan pas mampir :p)
2 buah cabe merah besar, iris miring
3 lembar daun jeruk

bahan yang dihaluskan
10 buah cabe merah
1 buah cabe merah besar
5 siung bawang merah
1/2 tomat
garam dan gula

caranya :
1. tumis bumbu halus dengan minyak dan api sedang hingga harum, terus masukin udang dan pete... aduk-aduk sampai udangnya berubah warna.
2. masukkan daun jeruk dan irisan cabe merah, tambah sedikit air.. atau engak usah juga gpp kalo dirasa airnya udah cukup.
3. tutup, dalam api kecil. tunggu hingga bumbu mengental dan udangnya matang
4. angkat, sajikan :)

::next time saya upload fotonya..lupa bawa digicam :p::


NOTE :
menu ini gampang banget, cocok buat makan malem yang gag butuh waktu lama untuk masaknya... bumbu yang dihaluskan tadi itu, kaya bahan2 untuk bikin sambel. seno sampai bingung, kok sambelnya udah jadi tapi udangnya belum.... hehehe, ya sambelnya itu ditumis... Saya pakai cabe rawit agak banyak, rasanya jadi pedes banget..nggigit.. tapi enakk....

saya bukan pecinta pete.. jadi saya gag makan pete-nya. tapi yang namanya pete tetaplah pete.,.. jadi wangi petenya pasti masuk dan meresap ke udangnya. hehehe....oia, apa bener pete itu penambah nafsu makan?? hmmm...
 *oke-saya-keracunan-pete-sampai-semua-kata-ada-petenya*

yang jelas menu ini recommended untuk dicoba... :D

No comments:

Post a Comment

thanks for all ur comment