Tuesday, November 18, 2008

my mother in law...(alm)

minggu ini bakal ada acara dirumah seno....
tepatnya sih acara 2tahunan nyokapnya seno meninggal....
bakal ada yasinan gituh dirumah..sama ibu2 pengajian dr tetangga2...

enggak kerasa udah 2tahun nyokapnya meninggal....
gue masih inget banget...


gue ketemu cuma sekali sama nyokapnya seno... pas lebaran 2taun lalu...itupun cuma bentar...soalnya nyokapnya emang gag sehat, (sakit diabetes dan hepatitis C, yang udah bertahun-tahun)..jadi cuma bisa duduk bentar...dan enggak banyak cerita,...
satu bulan setelah ketemu ntu..gue pernah mimpi nyokapnya.. yang jelas, waktu itu ceritanya gue ada dirumahnya...dan ngeliat nyokapnya duduk...itu aja..gag bicara apa2.....

ga nyangka....1bulan berikutnya.....
kesehatan nyokapnya turun drastis.....bolak balik dirawat di rumah sakit....
seno dijogja..tiap hari telfon ke balikpapan..nanya gimana perkembangan nyokapnya saat itu...

akhirnya...one day...kalo enggak salah....17nov2006...nyokapnya masuk ICU...gue lupa...waktu itu masih sadar atau enggak nyokapnya...
gue selalu nemenin seno djogja..dia cari tiket buat pulang besoknya...tapi belom dapet juga.
mukanya pias... speechless... diem... sendu... pokoknya diem aja...tanpa kata

jam11malem...sodaranya kasih tau dy buat ikhlas aja...apapun yang terjadi sama nyokap...pasti yang terbaik buat nyokap....

pagi buta...jam2pagi.... seno datang kerumah..dy blg..... mama udah enggak ada......besok pagi aq pulang naik pesawat paling pagi...

gue peluk dy......it's hard to explain apa yang gue liat saat itu... sakitnya kerasa....perihnya kerasa....kehilangannya pun kerasa..... bahkan sampai saat gue nulis ini pun..gue masih ngerasa sedih....

dy tidur dsofa....
gue tau dy gag bener2 tidur... dy cuma berusaha buat merem....

pagi itu dy berangkat..gue anter ke bandara..... dy cari tiket pesawat...
gue peluk dy lagi..dan..he drop a tear...
air mata pertama yang gue lihat.....
pagi itu dy pulank..dengan berjuta perasaan kehilangan.....

nyampe disana...ternyata....nyokap udah keburu dimakamin... seno pasrah aja....that's the way it should be... mau ngejar pesawat sepagi mungkin..emang seno enggak bisa lihat nyokapnya...bahkan untuk yang terakhir kalinya.....

gue inget dy pernah ngomong ma gue...
"mamah udah gag ada bun.. gag ada yang telfon aq tiap minggu...gag bisa lihat aq wisuda...gag bisa lihat aq nikah......."
and he drop his tears...

No comments:

Post a Comment

thanks for all ur comment